Sumber Informasi, Bantu Polisi Ciptakan Keamanan Lingkungan

ROMPI cokelat bak warna seragam polisi dan handy talky (HT) yang selalu tersangkut di pinggang seakan menjadi dandanan wajib anggota polmas. Mereka tampak bangga dengan seragam yang dikenakan. Suara kerisik HT seakan menjadi melodi yang terus menemani perjalanan mereka. Namun dari alat itulah, komunikasi antaranggota yang tersebar di seluruh Kota Bogor bisa berjalan baik. Sehingga, segala informasi mengenai kejadian bisa mereka terima. Karena itu, mereka bisa lebih cepat menyampaikan informasi kepada pihak kepolisian.


Kabar yang cepat dan akurat ini merupakan hal berharga yang mereka berikan kepada pihak kepolisian. Meski sepele, informasi yang disampaikan polmas sangat membantu Polres Bogor Kota dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Hal ini diakui langsung Kapolres Bogor Kota, AKBP Nugroho Slamet Wibowo. Ia bahkan salut dengan kecepatan mitra kerjanya itu. “Kadang-kadang polmas justru lebih cepat tiba di tempat kejadian perkara (TKP) daripada kita,” pujinya saat Konferensi Polmas Bogor Raya, 26 November lalu.

Polmas terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No.Pol: SKEP/737/X/2005 tentang Kebijakan dan Strategi Penerapan Model Perpolisian Masyarakat dalam Penyelenggaraan Tugas Polri dan Peraturan Kapolri No 7 Tahun 2008 tentang Pedoman Strategi dan Implementasi Pemolisian Masyarakat dalam Penyelenggaraan Tugas Polri.

Mereka ini dibentuk untuk mewujudkan kemitraan Polri dengan masyarakat, yang mampu mengidentifikasi permasalahan, menganalisis, menetapkan prioritas tindakan serta mengevaluasi efektivitas tindakan dalam rangka memelihara keamanan, ketertiban dan ketenteraman masyarakat. Karena itu, sebagai anggota masyarakat yang langsung berbaur dengan warga lainnya, polmas diharapkan bisa lebih jeli mengkaji setiap parmasalahan yang ada.

Pasalnya, mereka mengetahui langsung dan merasakan duduk permasalahan. Informasi inilah yang dibutuhkan polisi untuk membantu menuntaskan setiap kasus. “Kami bangga jika keberadaan kami bisa membantu kepolisian,” ujar Ketua Polmas Bogor Raya, Heriyanto. (*)

Sumber : radar-bogor.co.id

Post a Comment

0 Comments